Berita Kota: bukubagus.com Miliki Puluhan Ribu Koleksi Buku Kuno

 Tulisan ini adalah liputan Berita Kota, Minggu, 24 Februari 2008.

Mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, khususnya yang senang dengan buku-buku lama.

 

Berita Kota, Minggu 24 Februari 2008

Kedepannya, bukubagus.com diharapkan dapat berkembang menjadi komunitas yang profesional dan bermanfaat untuk banyak orang.

 

Berangkat dari keprihatinan lantaran semakin menurunnya minat baca masyarakat serta kepedulian pada keberadaan buku-buku kuno yang keberadaanya diambang kepunahan, segelintir peminat buku lantas mendirikan wadah bernama bukubagus.com (BBC). Bukubagus.com yang resmi berdiri Mei 2007, hadir sebagai wadah komunitas bagi para pecinta buku tua dan langka yang peminatnya terbilang tidak sedikit. Wadah ini juga dijadikan sebagai tempat untuk saling bertukar pengalaman dan saling berbagi diantara penggemar buku-buku kuno.

 

Diawal kehadirannya, wadah ini memang dipandang sebelah mata dan kerap dicibirkan. Para pencibirnya berpendapat, buat apa lagi buku-buku tua dipertahankan, toh sudah banyak buku-buku baru yang lebih lengkap dan up to date. Adanya cibiran ini diakui oleh Safak Muhammad, pendiri komunitas ini.
”Diawal berdirinya, wadah ini memang dipandang sebelah mata. Selain itu banyak pula yang menilai komunitas ini pasti tidak akan memiliki banyak peminat untuk menjadi anggota,” kenang Safak Muhammad saat berbindang dengan Berita Kota di sekretariat BBC di daerah Kalibata, Jakarta Selatan, beberapa hari lalu.

 

Katanya lagi, ide dasar pembentukan BBC selain sebagai wadah komunitas para pecinta buku tua, tetapi juga ingin menjadikan BBC sebagai mediator bagi para pecinta buku yang ingin mencari buku-buku kuno. ”Kita juga berharap BBC bukan hanya sekedar sebagai wadah untuk bertukar pikiran membahas buku kuno saja, tetapi juga ingin membantu orang yang kesulitan mencari buku-buku kuno. Apalagi, toko atau wadah untuk ini memang masih sulit ditemukan,” lanjut Safak, sapaan akrabnya.

 

Dikisahkannya soal pengalaman unik di awal berdirinya BBC. Beberapa bulan lalu katanya, ada seorang siswa SMA di Jakarta yang menghilangkan buku terbitan lama miliki perpustakaan sekolahnya. Sialnya lagi, buku yang dihilangkannya itu adalah terbitan lama dan sudah tidak ada lagi stoknya di toko buku.

 

Saat lagi kebingungan, siswa tersebut lantas nimbrung di milis BC dan menceritakan masalah yang dihdapinya. ”Alhamdulillah, ternyata ada diantara anggota BBC yang memiliki buku itu. Akhirnya siswa tersebut bisa mendapatkan kembali buku yang dicarinya,” terang Safak.

 

Katanya lagi, hal ini memunculkan kebanggan tersendiri buat para anggota BBC karena ternyata keberadaan mereka bukan saja bermanfaat buat sesama anggota, tetapi juga buat orang lain.

 

Dari hanya belasan orang saat berdirinya, kini anggota BBC telah mencapai 500 orang lebih, Jika dilihat dari umur berdirinya yang baru seumur jagung, maka bisa dibilang prospek BBC untuk menjaring anggota lebih banyak lagi sangat terbuka lebar.

 

”Tadinya kami berpkir komunitas ini akan sepi dari peminat. Namun kalau dilihat dari jumlah anggotanya yang terus bertambah, jujur kami cukup kaget”, tutur pria alumni Fakultas Ekonomi Universitas Jember (Unej 1994) dan Magister Managemen Agribisnis IPB Bogor (2003) serta pernah mengikuti Fund Manager Training (2005) dan berbagai seminar dalam negeri maupun luar negeri ini.

 

Hingga saat ini, jumlah koleksi buku kuno dan langka milik BBC telah mencapai puluhan ribu eksemplar dengan berbagai jenis, mulai dari komik, buku sejarah, novl, hingga buku pelajaran yang telah usang. ”Untuk koleksi saya pribadi saja, kalau dihitung-hitung saya memiliki kurang lebih 15 ribu eksemplar. Buku tertua yang saya punya adalah buku terbitan 1943”, ungkap Safak.

 

Dari ratusan anggota lanjutnya, memang hanya 30-an orang saja yang aktif. Mereka rajin masuk mailing list dan memberikan informasi soal buku langka. Mereka berasal dari Jakarta, Jawa Barat, Yogyakarta, hingga Kalimantan. ”Selama ini anggota komunitas bukubagus.com itu lebih banyak berinteraksi melalui dunia maya. Kalau kopi darat, sampai sekarang belum pernah dilakukan. Namun rencananya kami akan mencoba melakukan kopi darat tiap enam bulan sekali”, terangnya.

 

Masih menurut Safak, prinsip komunitas ini adalah having fund and having fun. Selain motif social, ada motif ekonomi (jual-beli). Setiap anggota yang hendak menjual koleksinya, bisa beriklan di situ situ. Transaksi pun bisa dilakukan langsung antar sesama anggota.

 

Untuk kedepannya, Safak berharap bukubagus.com dapat berkembang menjadi komunitas yang profesional dan lebih bermanfaat untuk banyak orang. Tidak hanya itu, rencananya BBC juga akan mengembangkan diri lagi lewat bisnis jual beli buku kuno via internet. Cr-7

6 responses on Berita Kota: bukubagus.com Miliki Puluhan Ribu Koleksi Buku Kuno

  1. pa saya menjual beberapa koleksi buku dan novel luar negeri contoh koleksi saya :
    1. ACT & OMISSIONS NANCY KOPP : buku karya nancy kopp
    pertamakali di terbitkan di amerika tahun 1994
    buku ini menceritakan tentang kekejaman hukum yg ada
    2. A MAN ORIANA FALLACI : pertama kali diterbitkan di Inggris 1981 oleh Bodley kepala ltd
    aslinya diterbitkan di italy sebagai un oumo
    Hamlyn edisi paperback 1981
    hak cipta 1979 oleh Rizzoli Sp.A, milan
    terjemahan cipta 1980 oleh Simon dan Schuster
    sebuah divisi dari jurang dan barat korporasi
    berisi 493 halaman dan menjadi buku terlaris internasional

    dibuat dan dicetak di greath britian oleh cox dan Wyman
    3. THE CHINESE BANDIT : buku novel karya STEPHEN BECKER
    berisi 309 halaman
    diterbitkan tahun 1977
    dan pernah menjadi novel terlaris dengan cerita petualangan yg menegangkan dan exotis
    4. outlines of chinese history : buku ini karya: li ung bing

    edited by : professor joseph whiteside (soochow university)

    di tambah dengan peta berwarna dan illustrasi

    di terbitkan di shanghai tahun 1914

    dan produk buku ini terbatas (langka)

    *di indonesia ga ada

    bila bapa berminat silahkan hubungi nomor seluler saya : 085862059675
    atau kirim pesan ke e-mail saya : permadi_deni@rocketmail.com

    terima kasih

  2. Jika ada yang berminat:
    Dilego buku tua berbahasa belanda terbitan 1931.
    Judul: DE LIEFDE van EEN MODERN VROUW
    Penulis: Anna van Hoogstraten Schoch
    Penerbit:KOK Kampen
    Genre: Novel/roman
    Umur buku: 79 tahun
    Kondisi: Baik

    Harga yang ditawarkan: 25 juta (NEGO

    Bagi yang berminat mengajukan tawaran bisa email ke rochimfaris@yahoo.com.

  3. Saya memiliki buku kuno pertanian dalam bahasa Belanda dan kamus Inggris – Belanda terbitan tahun 1945-1950 bagi yang berminat mengoleksinya contact di e-mail saya aasoerya@yahoo.com

  4. Saya memiliki buku kuno pertanian dalam bahasa Belanda dan kamus Inggris – Belanda terbitan tahun 1945-1950 bagi yang berminat mengoleksinya contact di e-mail saya

  5. bila ada yang jual buku2,arsip kuno,naskah,manuskrip,,,bolehlah kbari sy d 085727688002..mungkin sy membutuhkan.trims

  6. Saya memiliki buku2 kuno terbitan awal hingga akhir tahun 1900an yang akan saya jual.
    Semoga Bapak berminat. Saya tunggu konfirmasi Anda secepatnya di alamat email saya.
    Terimakasih…

Comments are closed