Agar KPR Disetujui

Dikutip dari Rubrik Konsultasi Keuangan Harian Radar Bekasi

Bapak Safak Muhammad Yth,

Tahun ini saya berencana membeli sebuah rumah tinggal di daerah Kalimalang, yang harganya sekitar Rp300 juta. Saat ini saya hanya memiliki uang Rp60 juta yang bisa digunakan untuk uang muka (DP) KPR. Pertanyaan saya, bagaimana agar saya dapat mendapatkan kredit pemilikan rumah (KPR) dengan mudah (disetujui bank)? Mohon penjelasannya.

Wassalam
Sony Gunawan – Kalimalang Jakarta Timur

Jawab:
Pak Sony Gunawan Yth,

Mudah-mudahan rrencana anda segera terwujud di tahun ini. Terus terang, data yang anda sampaikan tidak cukup lengkap bagi saya untuk menganalisa apakah gaji anda cukup untuk mendapatkan pinjaman KPR sebesar kurang lebih Rp240 juta (80% dari harga rumah yang akan dibeli).

“mau sablon kaos satuan tanpa minimal order dengan kualitas distro? kini telah hadir teknologi digital printing to garment. Mesin canggih dan efisien sehingga harga produksinya bisa murah, hanya Rp29 ribu per kaos sablon. mau? klik aja kaosGaya.com

mau beli rumah di depok? ada di Kav UI Timur Tanah Baru Depok, terbatas hanya 5 rumah. infonya ada di www.surgoland.com

Oleh karena itu, saya akan memberikan gambaran umum bagaimana trik mendapatkan KPR. Untuk mendapatkan hasil optimal dalam berhutang di bank (persetujuan kredit dari bank),  ada teknik yang harus diperhatikan. Teknik berikut ini cukup ampuh untuk digunakan dalam mengajukan pinjaman ke bank, yakni:

1.         Anda jangan tergantung dari 1 bank saja. Masukkan aplikasi permohonan anda ke sebanyak-banyaknya bank karena dengan demikian posisi tawar anda menjadi lebih besar. Apalagi, dalam kondisi persaingan perbankan saat ini, bank-bank justru agresif menawarkan kreditnya.

Banyak orang yang meminjam uang uang di bank hanya datang di satu bank saja sehingga ketika bank yang mereka datangi menolak, mereka menganggap bahwa mereka tidak bisa pinjam uang di bank. Selain itu jika hanya mengandalkan satu bank saja, anda tidak akan memiliki pembanding bank mana yang memberikan pinjaman lebih besar. Anda juga bisa membandingkan bunga pinjaman yang paling menarik.

2.         Ajukan jangka waktu pinjaman yang paling lama. Semakin lama pinjaman anda, semakin rendah resiko anda dan semakin besar keuntungan anda, termasuk akan mendapatkan jumlah pinjaman yang lebih besar. Dengan semakin lama jangka waktunya, berarti anda memperkecil jumlah angsuran bulanan, dan hal ini berarti semakin memperbesar jumlah pinjaman anda.

3.         Ketahui berapa nilai kredit  anda. Bank mencairkan dana sesuai kemampuan finansial anda, biasanya angsuran maksimal 1/3 dari gaji atau penghasilan anda. Bila anda memiliki gaji Rp10 juta maka pinjaman yang bisa dikeluarkan oleh bank hanya pinjaman yang angsurannya per bulan Rp3 juta. Karena itu, saat anda mengajukan ke bank, anda sudah mengetahui kira-kira berapa pinjaman anda. Hal ini juga untuk menghindari agar anda tidak asal sebut saat mengajukan pinjaman.

4.         Dokumen kredit harus lengkap sesuai persyaratan bank. Dokumen ini menjadi sangat penting bagi bank. Karena itu, kalau anda belum bisa melengkapi dokumen persyaratan kredit, maka kemungkinan besar akan ditolak kreditnya.

5.         Tunjukkan rekening-rekening bank anda atau rekening istri anda yang memiliki saldo cukup besar. Transaksi jumlah kredit (uang masuk)  yang ada di rekening anda ini harus menunjukkan jumlah omset penjualan (bila anda pengusaha/profesional) atau gaji bila anda pengawai. Bank biasanya mengamati  mutasi debit-kredit rekening anda selama 3 bulan terakhir. Rekening anda menjadi sangat penting bagi bank. Karena itu, bila rekening anda tidak bisa menunjukkan atau membuktikan terhadap laporan yang anda sampaikan ke bank, maka bank mulai curiga dan kemungkinan kredit anda tidak disetujui.

6.         Berikan bukti-bukti atas penghasilan anda yang lain (selain penghasilan utama anda).

Demikian, semoga bermanfaat

 

 

30 responses on Agar KPR Disetujui

  1. Kenapa kalau karyawan outsourcing paling susah mendapatkan approval dari bank sedangkan saya mendapatkan income yang lumayan gaji +- 9juta/bulan

  2. Pak Safak, kalo mau kpr joint income apakah tabungan harus suami istri ? soalnya suami saya tdk punya tabungan dan gajinya diberikan secara cash. Kami berencana membeli rmh setelah dp terkumpul bbrp bulan ke dpn. apakah sebaiknya suami saya membuat rekening ?

  3. assallamualaikum, pak.safak saya tiara dari cikarang…mhn bantuan 170.000.000 mmg di mutasi rekening saya..data keuangan nya bagus setiap bulan ada perputaran sekitar 35.000.000 tapi itu dana peputaran proyek suami dan saya punya usaha warnet dgn teman yg mengelola saya terima bersih tiap bulan nya 3.000.000. tapi sebenar gaji suami saya sebenar nya kecil…apakah bisa kami di setujui bank dgn nilai 150.000.000 karna mmg saya sdh dp 20.000.000 ke pemilik rumah.mmg kami masih ada cicilan 1 bln lg di bank bpr rp.2.500.000/bln dan 2 thn lagi di bank btn 500.000/bln apakah kami hrs melunaskan nya dulu semua…baru ambil kpr..lagi. apakah bisa ambil kpr nya atas nama saya saja..tp saya usaha nya tdk atas nama saya sendiri karna join dgn tmn. bgaimana solusi terbaik nya. mhn info nya secepatnya.

  4. Assalamu’alaikum

    Pak Safak,

    Saya mau konsultasi nih.,waktu tahun 2009 kira2 bulan Juni, saya mendapatkan Surat dari BTN untuk melunasi tunggakan dan nilainya sekitar 17jtan,dalam keadaan sekrang untuk membayar tunggakan tersebut saya tidak sanggup, tapi kalo bayar cicilan yg bulanannya saya masih sanggup.

    menurut Pak Safak, apa yg harus saya lakukan ke pihak Bank BTN?

    tks.

  5. Aslkm,

    Pak Safak,

    Saya berencana membeli rumah secara kpr di Bandung, sedangkan domisili & kerja saya di kalimantan. Apakah bisa ajukan kpr ke bank dg kondisi spt itu.
    Terima kasih. Achmadi

  6. pak apabila saya pengangguran dan ingin bisnis properti bagaimana pak

    pa safak tolong jawab lewat email saya aja yah

  7. nice info pak safak, sangat bermanfaat buat orang seperti saya yang lagi membeli rumah/KPR..eh bagaimana kalo ebook di propertifree gratis/ihklas aja. bukankah dengan menolong orang dengan ihklas tidak akan mengurangi kekayaan bapak..malah akan semakin bertambah. thx pak safak.

  8. Pak Muhammad safak…saya punya SHM..rumah. yang sudah lunas..bisa enggak.saya pinjam uang.dengan agunan.untuk beli rumah…dan mungkin rumah itu saya jual kembali…

  9. #

    asslmlkm pak safak.
    pak safak saya punya dua petak tanah yang satu 20m persegi dan satu lagi 120m persegi,tapi kedua tanah tersebut sertifikatnya msh bergabung dengan penjual tanah trsbt,juga bersama pembeli2 tanah yang lain.b agaimanakah sebaiknmya saya mesti mengelola tan ah trsbt agar produktif.kendalanya sertifikat belum ada ya gak dapt dijadikan agunan. Trims.
    #
    najib setiawan Says:
    February 28th, 2010 at 12:47 pm edit

    jwb: sebaiknya diurus rame2 sertifikatnya. bila belum bisa, disewakan aja.. atau dibangun dan disewakan

    asslmalkm pak safak.
    Pak safak saya memiliki cicilan KPR yang sudah berjalan 3thn,untuk jangka waktu 10th.Sekarang in sy memerlukan dana untuk usaha atau untuk mendapatkan rumah lagi,sebaiknya saya harus melakukan Take Over apa mengajukan KPR Top Up? trims.salam sukses.

    jwb:- kedua cara itu bisa dicoba, mana yg disetujui bank..

  10. Pak Safak,
    Saya karyawati dgn penghasilan sekitar 7 juta, hny saja saya menerima gaji tsb secara tunai. Shg sy tdk memiliki tabungan yg aktif masuk gaji. Sy mengajukan KPR dgn slip gaji yg tertera diterima scr cash. Sy jg melampirkan fotokopi tabungan tetapi yg tdk aktif masuk gaji. Kira2 itu akan bermasalah tidak ya sehubungan dgn disetujui atau tdknya KPR tsb? Terimakasih pak sebelumnya.

    Jwb- sebaiknya semua uang masuk keluar masuk rekening dulu, minimal 3 bulan terakhir. kalo gak ada, bank tidak mudah percaya anda.

  11. bisa… toh developer jg udah syaratin 20 jt. dp emang macem2, mulai 10 – 30% tergantung bannknya. dan perjanjian dengn developernya. gaji suami istri bisa digabung..

  12. saya seorang pegawai swasta dengan gaji +/- 4,5 jt dan saya hanya memiliki DP sebesar 30 Jt.
    sedangkan rumah yang akan saya beli seharga 300 jt-an.Developernya menyantumkan bahwa DP yang harus dibayar hanya sekitar 20 Jt-an
    bisa kah saya mengajukan KPR??yang saya tahu Bank hanya akan memberikan KPR jika debitur sudah membayar 30% dari harga rumah.
    dapatkah gaji suami digabungkan dengan saya untuk membayar cicilannya??
    mohon masukanya

    terima kasih

  13. asslmalkm pak safak.
    Pak safak saya memiliki cicilan KPR yang sudah berjalan 3thn,untuk jangka waktu 10th.Sekarang in sy memerlukan dana untuk usaha atau untuk mendapatkan rumah lagi,sebaiknya saya harus melakukan Take Over apa mengajukan KPR Top Up? trims.salam sukses.

  14. asslmlkm pak safak.
    pak safak saya punya dua petak tanah yang satu 20m persegi dan satu lagi 120m persegi,tapi kedua tanah tersebut sertifikatnya msh bergabung dengan penjual tanah trsbt,juga bersama pembeli2 tanah yang lain.b agaimanakah sebaiknmya saya mesti mengelola tan ah trsbt agar produktif.kendalanya sertifikat belum ada ya gak dapt dijadikan agunan. Trims.

  15. Pak Safak,
    Saya karyawati dgn penghasilan sekitar 7 juta, hny saja saya menerima gaji tsb secara tunai. Shg sy tdk memiliki tabungan yg aktif masuk gaji. Sy mengajukan KPR dgn slip gaji yg tertera diterima scr cash. Sy jg melampirkan fotokopi tabungan tetapi yg tdk aktif masuk gaji. Kira2 itu akan bermasalah tidak ya sehubungan dgn disetujui atau tdknya KPR tsb? Terimakasih pak sebelumnya.

  16. pak. safak , bisa tidak kita mengajukan pembiayaan ke bank untuk membeli franchise? misalnya: indomaret/alfamart/dll…,

  17. @ Wahyu: benar mutasi rekening debit kredit memiliki valur dalam peningkatan kredit bank, termasuk rekening yang mengendap

    @ daus: kalo anda punya penghasilan dan punya dokumen (misla izin usaha) bisa aja kredit bank.

  18. Assalamu’alaikum wr wb.

    Dear Bp. Safak,
    Saya seorang karyawan swasta dg gaji sekitar Rp. 3 jt. Saya punya bisnis payment point online bank, yang tentu saja memanfaatkan rekening bank untuk transaksinya. Setiap bulan, perputaran uang di rekening tsb sekitar Rp. 15 – 20 juta. Tetapi saldo yang mengendap hanya sekitar Rp. 1 juta. Apakah dalam memverifikasi mutasi debit-kredit, pihak bank hanya melihat saldo yang mengendap, ataukah juga perputaran uangnya? Apakah rekening bank saya tersebut mempunyai value yg cukup signifikan untuk meningkatkan plafon kredit saya?

    Terima kasih

  19. Penghasilan suami istri bisa digabung.
    Bisa saja beli rumah tanpa DP, tapi ada kriteria rumah tertentu yang bisa demikian. salah satunya rumah tersebut dibawah harga pasar. untuk lebih jelasnya anda bisa baca di http://www.propertifree.com

    Sedangkan untuk gaji tanpa slip, kalo anda bisa buktikan lewat rekening, bank masih bisa percaya. ANda bisa ke bank mana saja

  20. Ooo begitu ya Pak. Kalau gak salah, penghasilan istri juga bisa digabung dengan penghasilan suami untuk menghitung nilai kredit ya Pak?

  21. Assalaamu’alaykum Wr. Wb.

    Saya seorang karyawati di sebuah perusahaan swasta. Dengan gaji bersih +/- 3jt, dapatkah saya mengajukan kpr sedangkan saya tidak memiliki DP. Dekat rumah saya di sekitar jakarta selatan, terdapat rumah yang dijual dg hrg 140jt. Dapatkah saya mengajukan dengan harga di atas 140jt, agar saya tidak perlu mengeluarkan DP? Penghasilan tsb. hanya dari penghasilan saya pribadi, belum termasuk dari suami. Apakah bisa mengajukan kpr? Di bank mana saya dapat mengajukannya?
    Karena, bila disatukan dengan penghasilan suami. Suami saya tidak pernah menggunakan slip gaji. Terima kasih.

    Wassalam.

  22. Halo Pak Safak. Teknik nya mantap Pak. Dari pengalaman Bapak, bank-bank mana yang paling mudah memberikan kredit, jadi kita bisa mulai dari yang termudah saja dulu (takut ditolak duluan). hehehe 😀

Comments are closed