Menulis Itu Gampang

Sebenarnya ada banyak teori menulis yang diajarkan oleh para penulis yang bisa anda dapatkan di toko buku terdekat. Tetapi dalam kesempatan ini,  saya tidak akan memberikan tips-tips menulis melalui beberapa teori. Sebab saya tidak ingin menambah kebingungan anda dalam belajar menulis dengan berbagai teori menulis.

Bagi saya, menulis itu mudah, semudah kita berbicara. Kita setiap hari bisa berbicara dengan beribu-ribu kata. Setiap hari pula kita sering berbicara/memberikan penjelasan sesuatu kepada orang lain untuk meyakinkan apa yang kita inginkan. Karena itu, dalam menulis anda tidak harus memiliki kemampuan khusus apalagi kemampuan berimajinasi, kecuali anda menulis fiksi.

Menulis hanya membutuhkan ingatan tentang apa yang pernah anda pelajari dan apa yang pernah anda alami (pengalaman) ditambah dengan informasi atau referensi dari berbagai sumber yang bisa anda dapatkan di media massa, internet, wawancara dan lainnya. Oleh karena itu, untuk mempermudah dalam menulis, saya hanya menawarkan satu konsep menulis dengan gaya bercakap-cakap.

Bila sebelumnya anda memiliki teori menulis dari buku-buku yang sudah anda baca, sementara ini tanggalkan dulu teori itu. Sementara ini ikuti saja apa yang saya jelaskan. Sedangkan teori-teori yang pernah anda pelajari itu akan sangat bermanfaat setelah anda benar-benar bisa menulis, karena teori itu sebagai penyempurna dari apa yang saya ajarkan kepada anda. (BERLANJUT ……, NEXT)

2 responses on Menulis Itu Gampang

  1. kebanyakan orang terhambat menulis,karena sudah memikirkan teknis tata bahasanya. Jadi ia merasa salah selalu di kalimat pertama. jadi tulis saja seperti menulis di buku diary, urusan tata bahasa..urusan editor..hehehe…salam

Comments are closed