Gampang Memulai Tulisan

Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, bahwa menulis itu gampang. Lalu bagaimana agar anda gampang memulai tulisan? Untuk bisa memulai menulis, satu hal yang harus dipersiapkan lebih dulu adalah anda harus memiliki tema bahasan yang akan ditulis. Ini adalah syarat utama untuk menulis. Ibaratnya ini adalah tujuan anda seperti halnya tujuan bila anda ingin bepergian.

advertising: bordir komputer satuan untuk bordir kaos, bordir topi, bordir seragam, bordir baju, bordir handuk. Bordir handuk untuk hadiah ulang tahun, pernikahan dan lainnya. klik aja www.bordirgaya.com

 

Memilih Tema Bahasan

Sebenarnya banyak hal yang harus diperhatikan dalam memilih tema bahasan. Tetapi saya selalu membuat tema bahasan hanya berdasarkan 2 (dua) hal berikut, karena menurut saya lebih simpel.

  1.  Tema bahasan harus unik.

Dalam menentukan tema yang akan ditulis, anda tidak perlu pusing tujuh keliling. Pilih saja berdasarkan apa yang saat ini anda ketahui, tetapi informasi itu memiliki keunikan. Artinya, informasi itu bukan informasi umum yang sudah banyak disampaikan oleh penulis lain atau sudah banyak diketahui orang. Saya yakin, setiap orang memiliki informasi dan pengalaman yang berbeda-beda dengan orang lain. Setiap orang juga memiliki sudut pandang yang berbeda dalam memaknai setiap peristiwa yang pernah ia alami. Inilah yang bisa anda sampaikan melalui tulisan. Jadi seandainya pun idenya sama, tetapi anda bisa menyampaikan dengan cara yang berbeda.

Contoh yang paling mudah adalah penjelasan orang yang berbeda-beda setelah melihat gajah. Orang pertama mungkin akan bercerita tentang belalainya dengan penjelasan panjang lebar, orang kedua cerita tentang kekagumannya melihat binatang yang sangat besar, dan orang ketiga mungkin lain lagi. Jarang sekali orang yang mampu menggambarkan dengan sempurna tentang gajah. Jadi karena adanya perbedaan itu maka disinilah peluang untuk menulis dari sisi yang berbeda pula. Bukti lainnya, dari dulu sampai sekarang, orang menulis tentang ilmu agama juga tidak pernah ada habis-habisnya. Tetapi dengan latar belakang dan intrepretasi yang berbeda pula, buku-buku agama yang ditulis oleh penulis berbeda dengan tema yang sama tetap saja diminati pembacanya.

Ide atau tema bahasan seringkali tidak dapat ditemukan saat kita memulai menulis. Biasanya, ide justru muncul saat-saat yang tidak terduga, seperti saat naik kendaraan, sehabis mandi atau bahkan ketika di kamar kecil untuk buang air besar, selesai makan, selesai sembayang bahkan saat sembahyang (karena sembahyang-nya nggak  khusuk, he-he….) dan sebagainya. Oleh karena itu ada baiknya anda selalu siapkan catatan kecil untuk menangkap momen-momen penting seperti itu.

2.   Tema bahasan harus bermanfaat

Semua orang membutuhkan informasi yang bisa menjawab kebutuhannya. Mereka mau mengeluarkan uang berapa pun jika informasi yang ia butuhkan itu bermanfaat bagi dirinya.  Oleh karena itu anda harus selalu ingat prinsip ’AMBAM’ (Apa manfaat bagi mereka?). Tentu saja, sebelum menulis anda sudah memiliki gambaran solusi yang anda berikan. Solusi ini tidak harus dari ide asli anda, tetapi juga bisa dari ide, pemikiran dari orang lain.

Anda jangan pernah menyepelekan informasi atau pengalaman yang anda miliki. Sebab belum tentu orang lain memiliki pengetahuan dan pengalaman seperti yang anda miliki. Seperti contoh berikut ini.

–       Semua orang mungkin bisa memancing. Tetapi berapa persen orang mancing yang mampu menghasilkan ikan banyak? Maka informasi ini pun bisa anda jual.

–       Banyak orang bisa bercocok tanaman hias. Tetapi berapa persen orang yang mampu menghasilkan tanaman hias yang indah?

–       Sekarang ini bisnis di internet sedang memasuki perkembangan yang pesat sekali. Tetapi berapa banyak pelaku bisnis yang bangkrut?

–       Banyak pula orang yang sibuk bekerja sehingga kesulitan membangun / renovasi rumahnya dan seringkali biayanya tidak terkontrol. Orang seperti ini tentu perlu teknik / cara bagaimana membangun rumah murah dan hasil baik.

–       Saat ini tanaman gelombang cinta yang harganya jutaan rupiah?

–       Dan lainnya…….

Agar informasi itu lebih menarik untuk dibaca dan mampu meningkatkan nilai informasi anda, maka apa pun informasi yang anda miliki sebisa mungkin kaitkan dengan UANG dan bagaimana cara menghasilkannya. Dengan mengaitkan dengan uang dan cara mendapatkannya, informasi anda tidak saja menarik untuk dibaca, tetapi informasi anda tidak mudah ditinggalkan orang atau tidak mudah usang seiring dengan perkembangan waktu.

Dengan menggunakan contoh diatas, anda bisa menulis tema bahasan seperti ini:

–       Bagaimana menghasilkan uang banyak dari tanaman hias?

–       Bagaimana menghasilkan uang diinternet tanpa bangkrut?

–       Bagaimana membangun rumah cantik dengan harga minimalis?

–       Bagaimana menciptakan tanaman ’Gelombang Cinta’ yang laku ratusan jutaan rupiah?

–       Dan sebagainya…

Cari contoh atau ide sebanyak-banyaknya…….. dan tuliskan di kertas atau dikomputer anda. Tulis apa saja yang ada di pikiran anda, tak peduli apakah itu baik atau jelek. Keluarkan saja dulu baru selanjutnya anda seleksi.

Bagaimana kalau anda tidak memiliki informasi atau pengetahuan yang bisa dijual?

  1.  Gunakan teknik ATM (amati, tiru dan modifikasi). Anda bisa ’melirik’ buku-buku yang anda suka dan anda kembangkan ide yang mereka tulis. Misalnya anda suka dengan komputer dan anda telah membaca buku komputer yang anda suka karena tulisan maupun isinya bagus. Maka anda bisa membuat buku yang mirip seperti itu, dan tentu saja modifikasi dengan pengetahuan yang anda miliki, mengemas dengan bahasa yang berbeda dan menyajikan cara yang berbeda pula. Jadi anda tinggal amati buku yang ada, tiru dan modifikasi. Gampang kan?
  2. Kompilasi ide dan pemikiran para pakar

Anda bisa melakukan kompilasi atau mengumpulkan ide-ide dari para pakar berkenaan dengan topik yang anda inginkan. Anda bisa mendapatkannya di media massa, internet maupun wawancara langsung. Saat ini, anda bisa dengan mendapatkan semua informasi yang anda butuhkan melalui internet. Misalnya anda bisa menggunakan Google untuk mendapatkan informasi yang berkaitan dengan itu tema bahasan. Caranya:

    • Klik http://www.google.com
    • Masukkan kata kunci ”bunga”, maka seluruh informasi yang berkaitan dengan ’bunga’ akan banyak ditemukan disana
    • Simpan seluruh informasi yang sudah anda temukan dan cari terus sesuai kebutuhan anda

Nah, dari informasi yang begitu banyak itu, anda hanya menyusun ulang dan merangkainya menjadi sebuah buku. Saran saya, jangan sekali-kali melakukan plagiat  karena anda menyontek persis sama dan anda tidak menyebutkan sumbernya. Hargai orang yang sudah menulis dengan menyebutkan sumbernya.

Jadi gampang kan? selamat mencoba. Mari menulis dan memberi insiprasi!!!