About Me

Kehendak Untuk Berubah


Ketika aku masih muda dan bebas berkhayal,
Aku bermimpi ingin mengubah dunia.
Seiring dengam bertambahnya usia dan kearifanku
Kudapati bahwa dunia tidak kunjung berubah.

Maka cita-cita itu pun agak kupersempit,
Lalu kuputuskan untuk hanya mengubah negriku
Namun tampaknya, hasrat itu pun tiada hasilnya.

Ketika usiaku semakin senja,
Dengan semangatku yang masih tersisa,
Kuputuskan untuk mengubah keluargaku,
Orang-orang yang paling dekat denganku.

Tetapi celakanya, Mareka pun tidak mau diubah!

Dan kini,
Sementara aku terbaring saat ajal menjelang,
Tiba-tiba kusadari:
Andaikan yang pertama-tama kuubah adalah diriku,
Maka dengan menjadikan diriku sebagai panutan,
Mungkin aku bisa mengubah keluargaku.

Lalu berkat inspirasi dan dorongan mereka,
Bisa jadi aku mampu memperbaiki negeriku,
Kemudian siapa tahu,
Aku bahkan bisa mengubah dunia.

Terukir disebuah makam Westminster Abbey, Inggris

Selamat Pagi Indonesia,

bukitbnintang3.jpgBlog ini, berisi kumpulan ide dan pikiran sederhana, semoga menjadi sumbangsih kecil saya untuk turut membebaskan Indonesia dari kemiskinan dan korupsi. Kerja besar negeri ini untuk keluar dari kemiskinan dan korupsi harus kita mulai dari diri sendiri.

Bangsa ini kaya, bangsa ini memiliki banyak ahli ekonomi, bangsa ini memiliki banyak orang pintar. Lebih dari itu, bangsa ini juga telah melahirkan konglomerat-konglomerat yang memiliki kekayaan triliunan rupiah. Sayangnya, semua itu ternyata tidak banyak memberikan manfaat bagi rakyat negeri ini. Rakyat miskin di negeri ini masih lebih dari 30 juta jiwa dan korupsi sudah menjadi ‘darah daging’ anak negeri.  Saya yakin semua itu terjadi karena tidak adanya ‘Keberkahan Finansial’. Karena sebagian besar orang di negeri ini hanya berpikir uang, uang, dan uang dengan mengabaikan moral dalam mencari dan mengelola uangnya.

Melalui blog sederhana ini, saya ingin berbagi ide, pemikiran dan pengalaman tentang pengelolaan keuangan dengan konsep Keberkahan Finansial, mendorong semua orang untuk hidup berkelimpahan.

Tentu saja saya tidak ingin mengelola blog ini sendirian. Saya ingin partisipasi dari anda semua dalam bentuk pendapat, kritik saran bahkan testimonial yang bisa anda kirimkan melalui email : safak.muhammad (at) gmail.com.  Saya juga sadar bahwa ide, pikiran dan pengalaman ini belumlah cukup memadai untuk memuaskan semua pihak karena keterbatasan saya, sebagaimana sekelumit background saya berikut ini.

Saya lahir di sebuah desa kecil di Lamongan – Jawa Timur dan telah menyelesiakan kuliah di Fakultas Ekonomi – Universitas Jember (1994) dan Magister Managemen Agribisnis IPB – Bogor (2003).

Semasa kuliah di Jember, saya pernah menjadi anggota Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM), Sekretaris Cabang sebuah organisasi pemuda dan bendahara Pondok Pesantren Asshiddiqie Putera (Ashtra) yang dipimpin oleh (Alm.) KH. Ahmad Shiddiq, mantan anggota DPA RI.

Berbagai pelatihan dan seminar yang pernah saya ikuti adalah Credit Analyst, Restrukturisasi Non Performing Loan (NPL). Service Excellence, Fund Manager Training, Risk Management, Product Knowledge of Treasury, dan Take Control Your Financial Future yang dibawakan langsung oleh Robert T Kiyosaki, Perbankan syariah, Public Relations, Media Internal, ESQ Leadership Training dan Internal Branding to Retention Your Talent Strategies di Malaysia (2007), Public Relation Summit 2008, Sydney  dan lainnya. Sebagai seorang bankir, saya sudah lulus ujian Badan Sertifikasi Manajemen Risiko (BSMR) I dan II.  (Sejak 2009 resign sebagai bankir).

Saya mengawali karir sebagai credit analyst di sebuah Bank BUMN dan selanjutnya ditempatkan diberbagai posisi seperti Relationship Officer, Pemimpin Layanan Kredit Mikro, analis Divisi Tresuri, Task Force Manager Pengembangan Organisasi dan SDM Perkreditan serta di Corporate Secretary.

Sembilan bisnis yang pernah saya rintis dan  ’almarhum’ adalah Counter Es Buble Tea, Warung Bakso, Jual Beli Ratelindo, Laundry Kiloan dan rental transportasi BBM, toko buku bekas & antik, toko sepeda lipat, dan bordir. Beraneka ragam penyebab tutupnya bisnis tersebut, tapi kalau saya ingat-ingat kembali semua itu, membuat saya ’ketawa getir’. Satu hal yang saya syukuri, saya dapat belajar lebih banyak.  Kini saya lebih senang mengelola bisnis properti  www.surgoLand.com.

Sejak tahun 2004 sampai saat ini saya menulis 4 (empat) buku best seller yaitu Kaya Tanpa Bekerja (Republika, 2004), Cara Mudah Orang Gajian Menjadi Entrepreneur (MediaSukses, 2005) dan Keberkahan Finansial (SolusiQalbu, 2006) dan Cara Mudah Menjadi Karyawan Multi Income yang ditulis bersama Ahmad Firdaus, M.Si. Buku-buku tersebut telah diresensi di harian Media Indonesia, Bisnis Indonesia, Majalah Pengusaha, dan lainnya.

Publikasi Media.
Berbagai media cetak maupun elektronik pernah memuat tulisan maupun wawancara mengenai buku-buku, komentar bisnis maupun tentang bisnis yang pernah dikelolanya.

Televisi:
– Metro TV – Acara Indigo
– Global TV
– DAAI TV – Mata Hati
– RCTI
– TVRI – Acara Hughes

Koran/Majalah:
– Media Indonesia
– Republika
– Koran Tempo
– Bisnis Indonesia
– Berita Kota
– Majalah Mata Baca
– Indo Pos
– Tabloid Uang
– Tabloid Kontan
– Majalah Pengusaha
– Majalah Insani
-Majalah Pebisnis, Majalah Nurul Hayat, Tabloid Jobplus dan Majalah Ide Bisnis

Radio:
– Prapanca Medan
– RRI Pro 2 FM
– Radio Otomotion 97.5 FM

 

Salam,

            Safak Muhammad

3 responses on About Me

  1. Alhamdulillah… banyak pelajaran bermanfaat yang didapat dr artikel2 bapak.. baguuussss2…. saya ingin membagi ilmu2 Bapak di blog ini untuk saudara2 muslim dan muslimah agar bisa dapat keberkahan finansial…. amin ya rabbal alamin… Tetap menulis ya Pak… Four thumbs up :)

    Dari admin: terima kasih ya mudah2an bermanfaat

Leave a Reply